Pages

Jumat, 13 Juli 2012

Arti Seorang Di Matteo Bagi Chelsea


Arti Seorang Di Matteo Bagi Chelsea


 
Ditunjuknya Roberto Di Matteo berarti Chelsea telah memilih jalan yang benar. Chelsea akan memiliki sebuah fondasi yang kuat untuk kesuksesan di masa depan.

Cerita sukses Di Matteo berawal dari kemalangan seorang Andre Villas-Boas. Pelatih asal Portugal tersebut didatangkan oleh bos besar Roman Abramovich untuk membawa perubahan bagi Chelsea. Sang pelatih tak menyia-nyiakan waktunya di klub London tersebut. Dia pun segera merombak sistem permainan yang selama ini dibawa Chelsea. Namun, satu kesalahan besar berakibat fatal kepadanya. AVB bertindak terlalu ekstrim dengan langsung menyingkirkan para pemain senior Chelsea dari skuad utama. Frank Lampard dan Didier Drogba sering menghangatkan bangku cadangan. Hal ini jelas membuat kedua pemain tersebut meradang. Sang kapten John Terry pun turut mendukung Lampard dan Drogba. Alhasil, AVB terdepak dari kursi pelatih Chelsea setelah hanya bekerja selama 256 hari.

Selanjutnya, Di Matteo masuk sebagai pelatih sementara John Terry dkk.

Sebelum melatih Chelsea, pengalaman melatih Di Matteo sangat minim sekali. Sebelumnya pelatih asal Italia tersebut hanya menangani klub gurem, West Bromwich Albion. Dia pun hanya mampu bertahan selama enam bulan di klub tersebut. Namun, walaupun hanya mampu bertahan enam bulan, Di Matteo sempat menyabet penghargaan Pelatih Terbaik bulan November 2010.

Banyak pihak meragukan keputusan Chelsea yang menunjuk pelatih minim pengalaman tersebut. Namun, Di Matteo langsung membungkam suara-suara negatif tersebut dengan serangkaian hasil positif di atas lapangan. Yang paling fenomenal tentu saja adalah raihan trofi juara Liga Champions-nya. Bayern Munich yang lebih difavoritkan mereka hajar tanpa ampun di kandang mereka sendiri, stadion Allianz Arena. Sukses tersebut membuat Abramovich berpikir ulang untuk merekrut pelatih baru. Di Matteo pun segera dikontrak dengan durasi dua tahun.

Salah satu alasan penunjukan Di Matteo adalah untuk untuk mempertahankan kesuksesan yang telah digapai Chelsea. Jika Chelsea memakai pelatih baru, maka Chelsea kembali harus memulai usaha mereka dari nol. Suasana klub akan menjadi tak stabil kembali.

Menghadapi musim baru berbekal status juara liga Champions, Chelsea pasti akan semakin menjadi incaran klub-klub lain untuk dikalahkan. Rintangan-rintangan baru juga pasti akan menghadang mereka. Jika ingin Chelsea sukses, Abramovich tak boleh lagi memimpin Chelsea dengan semena-mena. Berikan pelatih baru kesempatan, dan jangan asal gonta-ganti pelatih. Agar kondisi klub tetap stabil, Chelsea harus tetap menunjuk satu orang pelatih untuk menangani klub tersebut selama mungkin. Di Matteo adalah orang yang cocok untuk pekerjaan itu. Dia tak akan mengecewakan sang bos besar.

Di Matteo juga tak bisa berleha-leha begitu saja. Rasa puas setelah menggapai trofi juara Liga Champions harus segera dilupakannya. Di Matteo harus mampu mempertahankan apa yang telah dicapainya musim lalu. Hal itu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi Chelsea di bursa transfer kali ini telah merekrut beberapa pemain muda untuk memperkuat tim mereka. Di Matteo harus segera membuat mereka menyatu dalam tim.

Datangnya pemain-pemain muda tersebut menunjukkan bahwa Chelsea sebenarnya telah siap untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Dan Di Matteo akan memegang peranan yang penting dalam kesuksesan tersebut. Selama Di Matteo tetap menukangi Chelsea, masa depan klub tersebut akan menjadi cerah, namun, yang terpenting adalah, suasana klub akan menjadi stabil dan kondusif.

0 komentar:

Posting Komentar